soal soal psikotes matematika dan jawabannya

soal soal psikotes matematika dan jawabannyasoal soal psikotes matematika dan jawabannya , Berikut adalah Soal – Soal latihan matematika , soal ini bagus bagi anda sebagai latihan psikotes, yang akan menghadapai soal tes psikotes, atau psikotes cpns  , contoh soal ini adalah soal psikotest matematika  yang sering dipakai selama beberapa tahun yang lalu dan sampai sekarang masih dipakai oleh perusanan besar seperti astra, pama, honda AHM, adira, wika, waskita bank seperti bank mandiri, bca, bri,bni, Danamon, maupun cpns dan bumn, seperti Telkom, PLN, PDAM,Pegadaian, Pertamina, maupun BUMS atau PMA Seperti :Indosat, Telkomsel,Freeport,Dell,IBM, Caltex dsb dalam proses rekruitmen pegawai / karyawannya.

Matematika (dari bahasa Yunani: μαθηματικάmathēmatiká) adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola,[2][3] merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.[4] soal psikotes matematika dan jawabannya

soal soal psikotes matematika dan jawabannya

Kenapa anda mesti siap dan bisa mengerjan soal soal psikotes matematika dan jawabannya , karena soal psikotes matematika ini sering muncul di tiap ujian psikotes, maka persiapkan diri anda untuk lebih siap dalam menghadapi soal psikotes matematika .

1. Jumlah umur ayah dan umur ibu 90 tahun. Umur ayah : umur ibu = 8 : 7.
Berapa tahun umur ayah ?

2. Seorang pedagang buah membeli 1.000 buah sawo dengan harga Rp. 150.000,00. Ia menjual sawo itu Rp.180,00 per buah. Berapa % untungnya ?

3. Adi bersepeda dengan kecepatan 15 km/jam. Jarak yang ia tempuh 37,5 km. Jika ia berangkat pukul 7.55, pukul berapa tiba di tempat yang dituju ?

4. Amir menabung di koperasi sekolah dengan mendapat bunga 15 % setahun. Apabila uang tabungan semula Rp. 90.000,00, maka setelah 1 tahun menabung dan mendapat bunga, uang tabungannya menjadi …
A. Rp. 77.500,00
B. Rp. 99.500,00
C. Rp. 102.500,00
D. Rp. 103.500,00

5. Seseorang menabung di sebuah bank sebanyak Rp.350.000,00. Setelah 1 tahun menabung dan mendapat bunga, jumlah uang tabungannya menjadi Rp. 406.000,00. Bunga yang diterima dalam 1 tahun adalah
… %
A. 8
B. 14
C. 16
D. 18

soal soal psikotes matematika dan jawabannya

6. Ayah membeli gamping (kapur) 1,5 ton, 7,5 kuintal dan 150 kg. Jumlah gamping yang dibeli ayah = … kg
A. 9.150
B. 2.400
C. 2.300
D. 2.265

7. Sebuah segi tiga siku-siku, sisi siku-sikunya 15 cm dan 20 cm. Sisi miring segi tiga siku-siku adalah … cm
A. 5
B. 25
C. 35
D. 300

8. Berapakah jumlah 47 orang dan 11 orang ?
a. 48 orang
b. 57 orang
c. 58 orang
d. 68 orang

Jawaban :
1. 48
2. 20%
3. 10.25
4. 103.500
5. 16%
6. 2400
7. 25
8. 58

soal soal psikotes matematika dan jawabannya

Semoga dengan adanya contoh soal psikotes ini, anda diharapkan mempunyai gambaran yang terkait dengan soal soal logika yang berkaitan dengan matematika, untuk tip mengerjakan soal psikotes dapat anda lihat di materi psikotes lainnya, supaya anda mengetahui gambaran tentang soal psikotes matematika. soal soal psikotes matematika dan jawabannya

Update Soal psikotes Matematika dan logika matematika :

8+9+0=721724
6+4+1=241112
4+9+3=361612
2+4+6=081204
hitunglah
9+9+9=
7+1+0=
3+8+8=
2+2+3=
3+7+6=

Dapatkan Ebook Sukses Seleksi Kerja 2013 berisi informasi seputar trik lolos dunia kerja, materi, soal dan pembahasan psikotes, logika matematika, tip dan trik pauli kraeplelin (tes koran) warteg tes, menggambar pohon, manusia, gaya pas foto yang memikat hrd, gaya berpakaian saat wawancara kerja, teknik berjabat tangan yang menyakinkan interviewer, trik lolos wawancara kerja dan informasi rahasia lolos seleksi kerja lainnya yang belum pernah anda ketahui. Pasti Lolos di Perusahaan Top dan favorit anda. Info klik Soal Psikotes

Catatan :

Saya melarang siapapun Anda yang berminat menerbitkan ulang baik sebagian atau seluruhnya dari karya-karya (tulisan-tulisan) saya di blog ini tanpa seijin dari saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih! soal psikotes matematika dan jawabannya
soal psikotes matematika dan jawabannya

Bonus Ebook Sukses Kerja Psikotes & Wawancara Kerja :

psikotesTes Gambar Terbaru ( Iq Test)

psikotesAkses Premium Latihan Soal Psikotes Online Model CAT

psikotesTry Out Nasional Psikotes Online Model CAT



soal psikotes

soal soal psikotes matematika dan jawabannya

Soal Psikotes Koran Pauli Kraepelin

soal psikotes matematika dan jawabannya

191 thoughts on “soal soal psikotes matematika dan jawabannya

    • aku ingin beli pizza,tpi q g punya uang, trus q pinjam sm si A 25rb dan si B 25rb jg. totlnya 50rb.trus q bli pizza hrganya 47rb,jd kembli 3rb. untuk mengurangi utangku,3rb itu ku pakai bayar utang, sama siA 1rb,siB jg 1rb dan seribunya sm q.jd utangku sma si A 24rb dan siB 24rb jg. jika dijumlahkan. 24+24=48rb+1rb ma aku=49rb. jdi yang seribu dmn? sedangkan jumlahnya 50rb………..???.

    • pinjam si A = 25 rb , siB = 25 rb
      total 50rb..
      beli pizza 47rb , kembali 3 rb

      seribu dkmbaliin ke siA , seribu lagi ke siB..
      (itu bukan bayar utang , tp cuma ngmbaliin uang siA dan siB @1000)
      jadi total uang yg dipinjam 48rb , karena yg 2rb udah dkmbaliin..

      dari 48rb dibuat beli pizza 47rb , otomatis sisa uang 1000 yg aku bawa ..

      jadi emg prtanyaannya aja yang menjebak :))

        • total Hutang – uang yg dikembalikan – uang yg mash dikantongin = harga pizza :D
          50rb – 2 rb – 1 rb = 47 (harga Pizza)

          Rumus yg digunakan dalam soal..
          Total Hutang – uang yg dikembalikan + sisa uang dikantong = DIMANAKAH YG SERIBU :D
          50 rb – 2 rb + 1 rb = 49 (DIMANAKH YG SERIBU) :D

    • kyanya aku tw jwbnnya,,ya jgn dikaitin antra utang ma beli dong..
      Jelas2 utng’y yg sbnrnya tnggal 48 trus hrga pizza 47,lah km pake seribu pas donk..
      Huuuuuuu

  1. ada soal ni tapi q bingung jawabnya gimana ada yang bisa jawab g????
    ADA SESEORANG BERNAMA X DIA MEMINJAM UANG DI SI (A) Rp. 50JUTA DAN SI (B) Rp. 50 JUTA JADI TOTAL HUTANGNYA 100 JUTA
    UANG ITU DIGUNAKAN UNTUK MEMBELI MOBIL SEHARGA 97 JUTA JADI SISA UANG DI TANGAN SI (X) 3 JUTA
    UNTUK MENGURANGI HUTANGNYA (X) MENGEMBALIKAN 1 JUTA PADA SI ( a ) DAN 1 JUTA PADA SI (B) DAN SISA 1 JUTA DI PEGANG SI X
    JADI HUTANG PADA SI (A) SISA 49 JUTA DAN SI (B) 49 JUTA TOTAL SISA HUTANGNYA ADALAH 98 JUTA JIKA DI TAMBAHKAN HUTANG YANG SUDA DIBAYARKAN ( 2 JUTA ) BERARTI JUMLAHNYA 100 JUTA
    PERTANYAANYA MENGAPA DUITNYA LEBIH 1 JUTA DI TANGAN SI (X)????

    • karna yang di pakai si X hanya 99 juta yaitu 97 juta beli mobil, 2 juta bayar Hutang,, jadi 99 juta,, kalo masalah hutang tetep weeeeee :p

    • Hahaha…pertanyaan ini sunggu aneh karena jawabannya sudah sangat jelas. BAGIAN PERTANYAAN YANG SALAH ADALAH ==> “JIKA DI TAMBAHKAN HUTANG YANG SUDA DIBAYARKAN ( 2 JUTA ) BERARTI JUMLAHNYA 100 JUTA
      PERTANYAANYA MENGAPA DUITNYA LEBIH 1 JUTA DI TANGAN SI (X)????”””

      TIDAK ADA KELEBIHAN UANG SAMA SEKALI SEBAB :

      Bagian Pertama : si A dan B memberikan uang ke Xmasing-masing 50juta. Kemudian dibayarkan kembali oleh si X masing-masing 1 juta sehingga kini si X hanya berutang ke si A sebanyak 49juta dan si B juga 49 Juta. Total utang X adalah = 98 JUTA.

      Bagian kedua: SI X awalnya meminjam 100 juta. Kemudian membeli mobil 97 juta. Sisa uang yang ada di si X sebanyak 3 JUTA. Kemudian SI x membayarkan utang ke A dan Y masing-masing satu juta. Berarti sisa utang X adalah 98juta. Sisa uang yang dipegang si X adalah sejuta.

      Jadi sebenarnya uang yang dipinjam si X hanya 98 juta (awalnya 100 tapi dikembalikan lagi 2 juta). uang ini kemudian beralih menjadi : MOBIL seharga 97 juta dan Uang sisa sebesar 1 juta (total 98JUTA) EQUIVALEN dengan sisa utangnya pada A dan B yang sebesar 98 JUTA.

      bagian yang salah pada pertanyaan di atas adalah total utang 98 JUTA kok DITAMBAHKAN lagi denga PEMBAYARAN 2 JUTA?Padahal logikanya kalo kita bayar utang harusnya DIKURANGI DONG!!TOLOLNYA LAGI, akumulasi 98 JUTA ini adalah hasil pengurangan dari 2 Juta yang dibayarkan Si X. SETELAH DIKURANGI KOK DITAMBAH LAGI?YA JELASLAH TERLIHAT LEBIH! terimaksih :)

      • KARENA KAMU MEMASUKAN NOMINAL hutangnya 98 bkn 97
        ya lebih bos…cba kalo 97+1a+1b+1x=100 kan….
        jaadi ksalahhannya pada SOALnya… ^o^

      • syuut sudah2 jgn bertengkar, dri awal ini emang pertanyaan filsafat, gag nyangka penyanyanya filsuf matematis canggih, bikin soal gag ada jawabannya (bkn krn pertanyaannya relatif, tpi krna pernyaannya yang slah wkwkwk lol) luthu abis
        lol ngakak deh!!!

    • sesat………..
      harga mobil+duit bayar utang(A&B)+SISA DUIT DI TANGAN
      =97jt + 1jt(A) + 1jt(B) + 1jt(SISA)
      paye taplak….

    • Jawabannya mudah… kalo soal gk salah kok…
      uang yang di utangin kan TOTAL =98 ribu
      sedangkan di pake cuman 97rb
      ya sisalah 1juta…

      Gitu aja kok repot…. >.<

  2. sisa uang = 100jt-97jt=3jt
    Hutang yg dibyr=1jt+1jt=2jt
    Sisa byr hutang = 3jt-2jt=1jt (yg ada di tngn skrg)

    Soal : 49jt+49jt+2jt(hutang yg dibyr)=100jt

    sisa 1jt di tngn krn 2jt yg ditmbahkan diatas sdh termasuk ke dlm 49jtx2 jd sdh tdk boleh dihitung lg.

    jd biar sisa 1jt di tngn harusnya 49jt+49jt=98jt-97jt(hrga mobil)=1jt.

  3. yang bertanya yg oon,
    kan 49jt sm si(a) dan si(b) 49jt, jadi yang di bayar untuk si (a) dan si (b) masing-masing 1 jt, jadi tinggal 1 jta, yang 2 jt itu gak perlu di hitung lagi karena sudah di bayar dari 50 jt jdi 49 jt untuk masing-masing utang. jadi sekarang yang tinggal sma si x 1 jt.
    dan hasilnya harga mobil+utang yang di bayar sm si (a)+ utang yang di bayar sm si (b)+yang ada sm si x = jumlah utang si x.
    jadi 97+1+1+1=100 jt

  4. Daripada pusing dan bingung, coba di jual dulu mobilnya = 97 juta tambah uang 1 jt yg sisa = 98juta.. balikin ke Si A 49 juta dan si B 49 juta, so impas deh gak punya utang lagi…beres. ntar klo dah punya uang 100 juta sendiri baru beli pakai uang sendiri, gak pusing lagi mikirin utang.hehehee

  5. yang bener itu..
    utang awal ke A dan B 50 juta
    dikembaliin masing2 1 juta
    sisa utang ke A dan B 49 juta total 98juta
    harga mobil 97 juta + 1 juta (yang ada dikantong) total 98 juta
    jadi tidak ada lagi yang hilang.

  6. Kak, kalo soal psikotes.y yg kyk getoo sih.. msih terbilang gmpang .. mendingan kakak bikin tes psikotes yang NUMERIK atau yang DERET .. karena kalau soal kayak di atas, kurang tantangand.y .. malahan HAMPIRR GAK ADA

  7. gitu aja kok repot…
    ya udah kalo gitu lebih baik ngak usah ngutang deh…
    pusing tau ngak! mikirin utang,,,kalo ngak bisa bayarnya gimana???heheee.

  8. ini kamu orang kok malah pada ngebahas bahasan yang gk penting plus pertanyaan analogi yg udah basi, pertanyaan yg seperti itu sudah bertabuaran di internet, orang yg bsa jawab blm tentu mengerti dasar nya,,, tp krna sudah sering liat/ngebaca rumus orang lain di internet jd kunci jwbn nya udah paham, tolong dong jgn pada OOT (Out of Topic) jgn melompat jauh dari postingan admin di atas.

  9. 3. Adi bersepeda dengan kecepatan 15 km/jam. Jarak
    yang ia tempuh 37,5 km. Jika ia berangkat pukul 7.55,
    pukul berapa tiba di tempat yang dituju ?

    kasih tau dong gimana caranya berikut jwb nya….
    sebelumnya terimakasih

  10. @joe 37.5 km : 15 km/jam = 2.5 jam, km nya kecoret kan yah bagi-bagian gitu
    2.5 jam= 2 jam 30 menit
    nah 7.55 + 2.30 = 9.85, gak ada kan ya jam 9 lewat 85 so jadi gini =>10.25

    • no. 7 tu pake phytagoras
      sisi datar=15
      sisi tinggi=20
      sisi miring?
      SISI MIRING= √((sisi datar)₂+(sisi tinggi)₂)
      = √((15)₂+(20)₂)
      =√(225+400)
      =√625
      =25

  11. walaupun dikasih tau jawabannya, gak dikasih tau jalannya gimana.
    kalau saya gak mau cuma nerima hasilnya aja, yg saya mau tau, caranya biar hasilnya segitu gimana??

  12. mas?
    mbak?
    boLeh nanya kagak?
    soal logika matematika yang di atas, yg terakhir itu loh !!
    saya pengen nanya , hasil akhir nya itu
    bagaimana cari nyah yah??

    maklum masi smp..
    (pengen tau)

  13. kok ga ada pembahasannya? klo cuma jawabanny saja kurang paham
    tolong dkasih donk pembahasannya?

    #terima kasih

  14. simpel aje woh.

    nh yah utang’y kan 50 rb,
    buat beli pizza 47 rb, truz d kemblikan si A = 1000, si B= 1000.
    Total’y 49 rb.

    nah yg seribu itiu ea
    50000-49000 = 1000

  15. oooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo ………………………………… gituuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu ntooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

    soal gambarnye donx mas mas mas , mbax mbax mbax,

  16. Ini tak beri soal bwt yg ngrasa pinter!

    Sebuah roket diluncurkan vertikal ke atas dari permukaan tanah dg kcptn 130km/jam. Stlh mencapai ketinggian 9000 kaki, roket tersebut jatuh. Truz brapa jrk jatuhnya roket dg tmpat peluncuran?..ini soal baru, aq yg bwt.,guru matematika SMA aja blum tentu bs jwb kog,..
    Ini soal bs diperhitungkan..klo kmu gk bs jwb ato cm k0men soalnya ngawur ato salah, brarti kmu tu bego,,

  17. Nitip soal juga nih , mungkin ada yang masih ingat berat jenis (bj)tiap benda. Kalau sudah lupa do google aja, teman. Nah pertanyaan saya manakah yang paling berat dari kedua benda ini, 1 kg besi atau 1 kg emas.
    Tks

  18. Saya coba bantu jelaskan dgn rumusnya ya..:

    1.Jumlah umur ayah dan umur ibu 90 tahun. Umur ayah : umur ibu = 8 : 7.
    Berapa tahun umur ayah ?

    a+i=90 –> a=90-i
    a:i = 8:7 –> (90-i) : i = 8 : 7 –> 7(90-i) = 8i –> 630-7i = 8i –> 630 = 15i –> i=630:15 –> i=42 –> maka: a=90-42 –> a=48
    Umur ayah = 48 dan umur ibu = 42

    2.Seorang pedagang buah membeli 1.000 buah sawo dengan harga Rp. 150.000,00. Ia menjual sawo itu Rp. 180,00 per buah. Berapa % untungnya ?

    1.000 sawo = Rp. 150.000
    1.000 sawo x Rp. 180 = 180.000
    (180.000 – 150.000) / 150.000 X 100% –> 30.000 / 150.000 x 100% –> 300%/15 = 20%

    3.Adi bersepeda dengan kecepatan 15 km/jam. Jarak yang ia tempuh 37,5 km. Jika ia berangkat pukul 7.55, pukul berapa tiba di tempat yang dituju ?

    v=15 km/jam ; s=37.5 km ; berangkat=7.55 wib ; tiba= …?
    v=s/t –> 15=37.5/t –> t=37.5/15 –> t= 2.5 jam –> t=2 jam 30menit
    Tiba = 7.55 + 2.30 = 9.85 –> 10.25

    4.Amir menabung di koperasi sekolah dengan mendapat bunga 15 % setahun. Apabila uang tabungan semula Rp. 90.000,00, maka setelah 1 tahun menabung dan mendapat bunga, uang tabungannya menjadi …
    A. Rp. 77.500,00 B. Rp. 99.500,00 C. Rp. 102.500,00 D. Rp. 103.500,00

    Bunga = 15% per tahun ; Tabungan : Rp. 90.000
    Bunga = 15% x 90.000 = 13.500
    Tabungan setelah 1 tahun = 90.000 + 13.500 = 103.500

    5. Seseorang menabung di sebuah bank sebanyak Rp. 350.000,00. Setelah 1 tahun menabung dan mendapat bunga, jumlah uang tabungannya menjadi Rp. 406.000,00. Bunga yang diterima dalam 1 tahun adalah… %
    A. 8 B. 14 C. 16 D. 18

    Tabungan awal = Rp. 350.000
    Tabungan setelah bunga 1 tahun = Rp. 406.000
    350.000 + bunga = 406.000 –> bunga = 406.000 – 350.000 –> bunga = 56.000
    Bunga = y% x 350.000 –> 56.000 = y% x 350.000 –> y = (56.000 / 350.000) x 100 = 16%

    6. Ayah membeli gamping (kapur) 1,5 ton, 7,5 kuintal dan 150 kg. Jumlah gamping yang dibeli ayah = … kg ? A. 9.150 B. 2.400 C. 2.300 D. 2.265

    1 ton = 1000 kg –> 1.5 ton = 1.500 kg
    1 kwintal = 100 kg –> 7.5 kwintal = 750 kg
    Jumlah Kg = 1.500 + 750 + 150 = 2.400 kg

    7. Sebuah segi tiga siku-siku, sisi siku-sikunya 15 cm dan 20 cm. Sisi miring segi tiga siku-siku adalah … cm ? A. 5 B. 25 C. 35 D. 300

    a=15cm ; b=20cm ; c=…?
    a2+b2=c2 –> 225 + 400 = 625 –> c=25

    8. Berapakah jumlah 47 orang dan 11 orang ?
    a. 48 orang b. 57 orang c. 58 orang d. 68 orang

    47 + 11 = 58

    Soal psikotes Matematika dan logika matematika (ini menurut saya loh..):
    8+9+0=721724 –> (8*9) (8+9+0) (8*3)
    6+4+1=241112 –> (6*4) (6+4+1) (6*2)
    4+9+3=361612 –> (4*9) (4+9+3) (4*3)
    2+4+6=081204 –> (2*4) (2+4+6) (2*2)

    9+9+9= …….. –> (9*9) (9+9+9) (9*3) = 812727
    7+1+0= …….. –> (7*1) (7+1+0) (7*2) = 070814
    3+8+8= …….. –> (3*8) (3+8+8) (3*3) = 241909
    2+2+3= …….. –> (2*2) (2+2+3) (2*2) = 040704
    3+7+6= …….. –> (3*7) (3+7+6) (3*3) = 211609

    Semoga membantu..

      • Angka *3 atau *2 diakir itu hasil akar kuadrat dari angka yang di tengah penjumlahan. Ini menurut komen agan yang di atas. Tapi kalau kena angka 8, 2, 7 akar kuadratnya kan koma. nah tuh gimana binggung jg kn…!

        8+9+0=721724 –> (8*9) (8+9+0) (8*√9=3)
        6+4+1=241112 –> (6*4) (6+4+1) (6*√4=2)
        4+9+3=361612 –> (4*9) (4+9+3) (4*√9=3)
        2+4+6=081204 –> (2*4) (2+4+6) (2*√4=2)

        9+9+9= …….. –> (9*9) (9+9+9) (9*√9=3) = 812727
        7+1+0= …….. –> (7*1) (7+1+0) (7*√1=1) = 070807
        3+8+8= …….. –> (3*8) (3+8+8) (3*√8=2.82) = 2419?
        2+2+3= …….. –> (2*2) (2+2+3) (2*√2=1.41) = 0407?
        3+7+6= …….. –> (3*7) (3+7+6) (3*√7=2.64) = 2116?

    • angka terakhir yang kurang d mengerti mas bos,,kurang logis,,tapi over all its ok!!9+9+9= …….. –> (9*9) (9+9+9) (9*3) = 812727
      7+1+0= …….. –> (7*1) (7+1+0) (7*2) = 070814
      3+8+8= …….. –> (3*8) (3+8+8) (3*3) = 241909
      2+2+3= …….. –> (2*2) (2+2+3) (2*2) = 040704
      3+7+6= …….. –> (3*7) (3+7+6) (3*3) = 211609

  19. Pingback: soal psikotes dan jawabannya | Informasi Teknologi Terbaru | Bagaimana Cara

  20. Pingback: Contoh Soal Psikotes | Soal-Psikotest.com :. Soal Psikotest bank, Soal-Soal Tes Psikotes Online 2013

Mohon tingggalkan Komentar/Balasan