Soal Psikotes Bank BCA

bcaSoal Psikotes Bank BCA. Bank BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. BCA selalu menawarkan beragam solusi finansial dengan layanan transaksi perbankan untuk berbagai kalangan dan rentang usia. Siapa saja bisa menikmati kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi yang didukung kekuatan jaringan antar cabang, luasnya jaringan ATM, serta jaringan perbankan elektronik lainnya dari BCA.

Bekerja di Bank yang mempunyai nama besar, baik itu bank pemerintah maupun bank swasta adalah kebanggaan tersendiri bagi diri sendiri dan juga  keluarga. Tidak heran bila banyak dari kita yang rela melakukan apapun untuk bisa diterima bekerja di bank, tidak melulu dari jurusan ekonomi dan akutansi saja yang mendominasi porsi pegawai di bank tersebut tetapi juga dari berbagai jurusan di perkuliahan, misalnya dari IPB yang identik dengan pertanian banyak juga yang di terima di Bank. Salah satu tes yang dilakukan dalam proses penerimaan calon karyawan BCA adalah Psikotest dan tentunya Wawancara kerja. Ketika anda ingin berkarir di sebuah bank , anda harus memulai melakukan persiapan yakni mempelajari berbagai Contoh Soal Psikotes Kerja di Bank baik di bank pemerintah (BUMN),  swasta maupun perbankan berbasis syariah.

soal psikotes bank bcaBiasanya informasi lowongan kerja BCA bisa di temui di situs lowongan kerja online ataupun di media cetak serta dalam acara Job Fair, biasanya untuk lamaran tertulis ditujukan ke PT. Bank Central Asia, Tbk. Wisma Asia I Lantai 21 Jl. Letjen. S. Parman Kav. 79, Slipi Jakarta Barat – 11420 (u.p. Urusan Perekrutan) dan menuliskan Posisi Jabatan yang akan di lamar di pojok kanan atas, misalnya Management Trainee, Frontliner atau Customer Service.

Bagi anda yang berminat dengan management trainee BCA juga tidak harus berasal dari jurusan ekonomi akuntansi. Kelak anda akan mempelajari berbagai hal tentang ekonomi akuntansi juga teknik dan bentuk pengeloloaan keuangan . Selain itu juga akan dipelajari ekonomi manajemen, cara memahami kondisi pasar perbankan dan kemampuan meraih market dan kepercayaan nasabah. Bank BCA sebagai salah satu bank nasional yang sudah memiliki nama besar, kredibilitas dan kepercayaan masyarakat luas. Bahkan jika anda ingin masuk dan bekerja di lingkup Bank BCA, anda pun harus mengikuti beberapa tahapan tes seleksi yang cukup ketat salah satunya Tes Psikotes.

Soal Psikotes Bank BCA merupakan sesuatu metode kontrol psikologi yang menggunakan suatu alat psikodiagnostik secara spesifik serta dipergunakan oleh beberapa pakar yang telah betul-betul terlatih bagi mengukur beragam perihal diri seseorang, baik dari sisi kecerdasan, ketertarikan, sikap, serta susunan kepribadiannya.Dari hal tersebut anda tahu bahwa kualifikasi yang dibutuhkan tidak gampang karena meraih kepercayaan nasabah adalah hal yang tidak mudah apalagi jaman sekarang ini, jadi wajar pihak BCA ketat dalam menyeleksi calon karyawan dan pegawainya. Anda harus berlatih dengan rajin agar berhasil nantinya dan diterima sebagai salah satu karyawan BCA, dengan banyak membaca dan mempelajari contoh soal psikotes kerja di bank dan tentunya tip dan trik menghadapi wawancara kerja.

Tiap contoh soal psikotes kerja di bank memiliki nilai atau bobot yang berbeda-beda dengan jumlah soal yang bervariasi, kadang jumlah soal yang sedikit bisa memiliki nilai yang besar atau sebaliknya. Untuk soal yang sedikit namun nilai atau bobotnya besar dikarenakan penyelesaiannya memerlukan waktu yang lebih lama dari soal lainnya. Nilai yang diambil bukan hanya ditentukan oleh banyaknya soal yang dikerjakan tetapi lebih kepada berapa soal dengan bobot yang tinggi mampu diselesaikan dengan baik, untuk itu peserta ujian dituntut lebih jeli dan teliti dalam mengerjakan soal ujian dan sebaiknya diprioritaskan untuk soal dengan bobot yang tinggi. Agar bisa mencapai target bank serta memahami segmentasi psikotes dan psikometri terutama yang berhubungan dengan operasional angka dan bilangan. Beberapa Contoh Soal Psikotes Kerja di Bank bawah ini bisa membantu kita dalam mempersiapkan diri menghadapi psikotest.

Anda sebaiknya mencari contoh soal psikotes dan berlatih ketika hendak melamar kerja, hal ini dirasa  perlu supaya Anda bisa lebih tenang dan lebih percaya diri ketika mengerjakan psikotes nanti. Jika psikotes ini tidak lulus, maka Anda sudah pasti tak dapat melanjutkan ke jenjang wawancara kerja dan dipastikan Anda tak diterima kerja. Tes ini  dilakukan untuk mengukur aspek individu yang dinilai secara psikis. Jenis dari tes ini beragam, mulai dari yang tertulis, visual hingga evaluasi verbal, di mana semuanya dibuat dengan administratif, dan hanya psikologlah yang mengerti bagaimana mengukur fungsi emosional dan kognitif Anda melalui psikotes tersebut. Jadi, Anda jangan meremehkan tes ini, sebab ini merupakan langkah awal Anda dalam meniti karir di suatu perusahaan yang dilamar.

Kategori contoh soal psikotes yang diujikan di Psikotes BANK :

Beberapa contoh dari soal psikotes misalnya psikotes sinonim dan anonim, berbentuk sebuah tes pertanyaan dimana Anda harus menyelesaikannya. Selain itu masih ada lagi beberapa contoh dari beragam soal psikotes, berikut pembagiannya:

  • ·         Soal-soal psikotes aritmatik
  • ·         Soal-soal psikotes deret angka
  • ·         Soal-soal psikotes koran
  • ·         Soal-soal psikotes logika formil dan logika angka
  • ·         Soal-soal psikotes menggambar
  • ·         Soal-soal psikotes perdana hubungan
  • ·         Soal-soal psikotes wartegg

Contoh Soal Psikotes Kerja di Bank

1. Dosen : Dekan : Rektor

A. Sopir : Manajer : Bos
B. Tamtama : Bintara : Perwira
C. SD : SMP : SMA
D. Bodoh : Baik : Sabar

Jawaban: B

2. Musibah : Bencana

A. kaku : baik
B. lentur : elastis
C. sakit : sehat
D. takut : berani

Jawaban: B

3. Jika Andi adalah anak ke-4 dari 5 bersaudara dan kakak kedua Andi berusia 18 tahun, maka kemungkinan Andi berusia:

A. 19 tahun
B. 27 tahun
C. 17 tahun
D. 10 tahun

Jawaban: C

4. Apa gunanya helm bagi pengendara motor?

soal psikotes

A. sebagai pelindung kepala agar bila terjadi kecelakaan terlindung dari benturan dengan benda keras
B. agar tidak ditangkap polisi
C. sebagai pelindung telinga dari bisingnya lalu lintas

Jawaban: A

5. Mengapa belajar itu perlu?

A. untuk mengisi waktu luang
B. supaya nantinya mudah mencari pekerjaan
C. supaya mendapat ilmu yang dapat diamalkan di masa depan

Jawaban: C

6. Mengapa puncak Gunung Jayawijaya diselimui salju?

A. sebab sinar matahari jarang menyinari puncak gunung
B. sebab puncak Gunung Jayawijaya dekat dengan awan
C. makin tinggi suatu tempat, makin rendah suhu ditempat itu

Jawaban: B

7. 1,2,4,8,16….

A 32 dan 64
B. 24 dan 32
C. 32 dan 66
D. 8 dan 4

Jawaban: A

8. Dispensasi

A. pemberian
B. persetujuan
C. pembebasan
D. pengecualian

Jawaban D

9. Pialang

A. ahli
B. juara
C. makelar
D. pelpor

Jawaban: B

10. Lengkap

A. penuh
B. lebar
C. seluruh
D. sisa

Jawaban: C

Memang jika diterima bekerja di BANK, baik itu BANK swasta maupun milik pemerintah sudah merupakan sebuah kebanggaan bagi Anda sendiri dan juga keluarga, karena tak mudah untuk diterima bekerja pada sebuah BANK, apalagi gajinya yang menggiurkan. Untuk bisa lolos psikotes dari BANK, Anda tentu harus menyiapkan diri terlebih dahulu, akan cukup sulit bisa lolos apabila Anda langsung saja menghadapi psikotes tanpa persiapan. Jika memang Anda dapat bersiap-siap terlebih dahulu, mengapa tidak? Jangan sia-siakan kesempatan ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan panggilan psikotes dari pihak BANK, sebab tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama seperti Anda.

RAHASIA mudah lolos psikotes

Kesempatan yang dimiliki setiap peserta untuk diterima kerja di BANK maupun perusahaan dalam negeri ataupun perusahaan swasta populer itu sebenarnya sama. Anda akan membutuhkan usaha, belajar, dan kerja keras. Dan satu hal yang menjadi rahasia, seberapa sering Anda mengikuti psikotes, jika Anda tak mengetahui kunci jawabannya maka akan kurang maksimal. Anda memerlukan kunci jawaban yang tepat, dan Anda membutuhkan sumber yang terpercaya, jangan percaya dengan situs abal-abal yang membeberkan kunci jawaban tanpa kejelasan. Sekarang sudah ada e-book soal psikotes lengkap beserta kunci jawabannya, yang ini dapat Anda percayai. Dalam e-book ini, juga akan disharing tentang bagaimana trik menyelesaikan psikotes dan cara mudah menjawabnya. Anda dapat membeli e-book ini disini , jangan terlambat dan berikutnya Anda tak akan gagal lagi untuk lolos psikotes baik itu BUMN, perusahaan swasta maupun BANK.

Tips Mudah Mengerjakan Soal Psikotes di Bank BCADalam prakteknya, Soal Psikotes Bank BCA memiliki maksud sebagai tolok ukur psikologis yang memakai psikodiagnostik perangkat spesifik dan dipakai oleh beberapa ahli yang memang dianjurkan untuk berbagai macam cara serta juga bisa mengetahui tentang subjek diri seorang, baik dari segi kecerdasan, keyakinan, minat,  dan komposisi kepribadian seseorang

Setelah melengkapi dengan surat lamaran kerja, CV, dan Daftar Riwayat Hidup, anda akan menghadapi tes psikotes sebelum benar-benar dinyatakan lolos seleksi. Bagi Anda yang sekarang sudah melamar kerja dan dipanggil untuk melakukan tes psikotes khususnya yang melamar di Bank ada baiknya anda mencoba latihan Contoh Soal Psikotes Bank BCA . Salah satu Soal Psikotes yang kerap muncul di Bank BCA yaitu Tes Pauli Kraepelin/ Tes Koran. Tes Jenis ini merupakan cara menjumlahkan dari atas kebawah dengan intruksi “Garis” yang artinya buatlah sebuah garis dimana anda sedang mengerjakan hitungan lalu kembalilah menghitung seperti biasa dibawah garis tersebut. Ataupun menjumlahkan dari bawah keatas dengan intruksi “pindah” yang artinya berpindah satu kolom ke sebelah kanan dan mulai menghitung dari bawah lagi. Perlu diketahui Pauli adalah tes yang hampir tidak mungkin untuk di manipulasi. Kita akan diminta untuk menjumlahkan angka di baris pertama dengan baris berikutnya, dan tulis digit terakhirnya saja diantara dua baris tersebut dengan posisi agak menjorok kedalam atau sebelah kanan, misalnya untuk angka 4 dan 3 hasilnya , sedangkan untuk angka 5 dan 6 hasilnya 1 bukan 11 (ingat cuma digit terakhir saja yang kita tulis)

Soal psikotes Bank BCA memiliki beberapa kriteria diantaranya untuk melihat apakah calon karyawan memiliki background pendidikan yang tepat sesuai dengan dunia kerja perbankkan dan struktur organisasi bank, memahami produk-produk perbankkan dan service, layanan nasabah bank sehingga tahu market yang tepat dan sesuai dengan target dan branding produk bank. Kunci Persiapan Tes di Bank yakni Memiliki background pendidikan yang tepat sesuai dengan dunia kerja perbankkan dan struktur organisasi bank, Memahami struktur kerja pada bank. Agar mengerti justifikasi pekerjaan dan kontribusi yang akan anda berikan ke bank agar bisa mencapai target bank, Memahami produk-produk perbankkan dan service, layanan nasabah bank. (Katalog, Fungsi, dan Manfaatnya) sehingga tahu market yang tepat dan sesuai dengan target dan branding produk bank serta Memahami segmentasi Soal Psikometri dan Soal psikotes Bank BCA terutama yang berhubungan dengan operasional angka dan bilangan.

Proses ujian psikotes di BCA setelah mengikuti serangkaian tes psikotes berupa soal logika selanjutnya akan disuruh  untuk  mengambar pohon, serta disuruh untuk menggambar manusia dengan deskripsi pekerjaanya dan umurnya, dan biasanya pula disuruh untuk menggamar rumah. Biasanya setelah ujian psikotes lolos, Tes seleksi berikutnya adalah wawancara kerja.

Sekilas Wawancara Kerja di  BCA

Biasanya anda akan diisuruh interview user biasanya interview pertama di bca dilakukan oleh pihak ke-3, dari konsultan atau psikolog. Biasanya pertanyaanya lebih ke basic seperti penjelasan tentan :

  1. Background pendidikan,
  2. Pengalaman organisasi,
  3. Pengalaman kerja,
  4. Kegiatan sehari, dll

Demikian infomasi seputar soal psikotes bank bca, semoga bermanfaat buat anda yang ingin berkarir di Bank BCA.soal psikotes bank bca

12 thoughts on “Soal Psikotes Bank BCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>