Sekilas Psikotes atau Tes Psikologi

soal psikotesDefinisi Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa. Tes ini dapat berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

Tujuan Tes Psikotes digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis, dan juga tes psikotes digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan orang secara mental dan faktor-faktor yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, dan intelegensi. Jadi sederhananya, psikotes adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran seseorang mulai dari kemampuan kognitifnya, kondisi emosinya, kecenderungan-kecenderungan sikap dan hal-hal yang mempengaruhi kecenderungan tersebut.

Jadi dalam psikotes, kemampuan yang diukur tidak melulu terkait dengan IQ seseorang. Selain tes IQ ada juga tes kepribadian, dan wawancara. Dari integrasi tes-tes tersebut, maka akan diperoleh gambaran mengenai orang yang di tes yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Aplikasi Tes Psikologi dapat dilakukan pada bermacam setting termasuk rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak / siswa, tujuan klinis, perkembangan anak, atau kustomisasi design dan modul dalam pelatihan / training.

Psikotes merupakan bagian dari rangkaian seleksi sebuah lowongan kerja, yang kerap memiliki arti penting. Psikotes, percaya atau tidak, merupakan perangkat untuk menangkap kecenderungan para pelamar, yang meliputi kemampuan intelektual atau kepribadian, biasanya sering disebut dengan soal psikotes. Dua hal ini tentunya akan disesuaikan dengan karakteristik pekerjaan yang tersedia.

Sebenarnya, proses psikotes itu sendiri cukup spesifik: dimulai dari perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Lalu perusahaan tersebut menetapkan sejumlah kualifikasi yang harus dipenuhi para pelamar kerja. Untuk alasan efisiensi, biasanya perusahaan tersebut meminta bantuan pada lembaga psikologi terapan untuk mengadakan psikotes yng dibutuhkan. Langkah selanjutnya, dengan gambaran kualifikasi yang ditetapkan perusahaan, lembaga tersebut berusaha menangkap kemampuan dan kecenderungan untuk memenuhi kualifikasi tersebut. Sekilas Psikotes atau Tes Psikologi

soal psikotes

Dapatkan E-book paket panduan Psikotes dan Modul Wawancara Kerja, kami susun berdasarkan Komposisi-komposisi soal berdasarkan Topik / Ruang lingkup Materi yang didasarkan pada seleski dasar proses rekruiten karyawan yang berlaku secara global. E-book paket panduan Psikotes dan Modul Wawancara Kerja ini kami susun sedemikian rupa oleh team kami yang telah berpengalaman bertahun – tahun dan pakar dalam bidangnya masing – masing. Terkait dengan materi yang ada di ebook ini diantaranya adalah :

  1. Bagaimana cara membuat surat lamaran , CV dengan benar yang pasti menarik perhatian HRD ?
  2. Bagian apa saja dalam surat lamaran kerja yang biasanya dibaca oleh para HRD recruitmen perusahaan ?
  3. Bagaimana Rahasia gaya pas foto yang menarik ?
  4. Bagaimana cara Ampuh mengerjakan soal psikotes dengan benar ?
  5. Kumpulan Soal Soal Psikotes (CPNS,BUMN,POLRI,PMA,BANK) yang Pasti Keluar saat Ujian Psikotes !
  6. Kumpulan soal dan Rahasia Jawaban Psikotes Gambar !
  7. Bagaimana cara mengerjakan soal logika matematika dengan benar ? (Soal, dan pembahasan, tip dan trik)
  8. Bagaimana tip dan trik serta cara mengerjakan tes koran ( pauli , kraepelin ) dengan benar ?
  9. Bagaimana cara menggambar Manusia dan Pohon dengan benar ?
  10. Bagaimana cara mengerjakan warteg tes (tes menggambar) dengan benar ?
  11. Bagaimana cara berjabat tangan yang memberikan kesan positif kepada pewawancara ?
  12. Bagaimana cara menjawab pertanyaan pewawancara (interviewer) dengan mudah & Mengesankan ?
  13. Hal-hal yang harus anda hindari selama wawancara kerja !
  14. Bagaimana tip dan trik menjawab pertanyaan jebakan saat wawancara?
  15. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan pencari kerja Saat Wawancara Kerja, dan bagaimana menghindarinya ?
  16. Teknik mengakhiri wawancara kerja secara mengesankan.
  17. Dan Materi dasyat Lainnya yang komplit, yang akan membantu dalam kesuksesan karir anda. Yang tidak ada temukan di tempat lain.

Temukan Semua jawabannya disini. FREE SOAL TES PSIKOTES GAMBAR TERBARU . Dapatkan secara Cuma-Cuma Aplikasi untuk mengetahui IQ anda, hanya untuk Member Seleksi Kerja saja , dan tentunya Soal Psikotes UI-IST . silahkan klik disini untuk register segera. Pendaftaran akan ditutup tanggal 27 Maret 2016

31 thoughts on “Sekilas Psikotes atau Tes Psikologi

  1. Pingback: Soal Tes Psikotes « contoh soal psikotes | download soal psikotes | soal psikotes, soal psikotest, soal-soal psikotes, soal psikotes terbaru, soal psikotes 2011, psikotes

  2. ahh, psikotes adalah hal yang belum bisa dianggap 100% mewakili tingkat kecerdasan dan emosional seseorang, kebenarannya hanyalah 60% saja, contohnya saya, dalam 2 kali panggilan kerja saya di tes di lembaga psikologi yang sama, hasilnya????? Berbeda!!!! Itu yang ,menjengkelkan, dalam tes pada panggilan pertama saya bisa mengerjakan penuh soal tes IQ yang kedua malah gak penuh, kepribadian juha berbeda poin poinnya dari tes yang pertama, jadi???? Hasil yang mana yang lebih dipercaya?????

  3. Psikotes, merupakan batasan ukuran maksmimal yang dimiliki manusia untuk saling menilai diantaranya dan menjadikannya sebagai tolak ukur bagi sebuah instansi sehingga nilai yang prinsip dari setiap manusia itu sendiri jadi terabaikan, antara lain “tingkat kejujuran” dan “tingkat keikhlasan” sehingga dalam keterlibatannya di dunia kerja masih banyak terjadi masalah yang bersifat “penipuan” atau lain sejenisnya. (opini saja)

  4. Pingback: Psikotes yang ada di internet | umimelani20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>