Perbaiki CV dan Bersiap Interview Kerja

JAKARTA- Sebagai pencari kerja, kita tentu berharap agar berhasil mendapatkan pekerjaan impian. Meski begitu, persaingan di dunia kerja tidaklah seringan yang kita bayangkan. Karenanya, kita perlu bersiap sejak awal dalam pertarungan meniti karier.Langkah awal pencarian kerja dimulai dengan penyusunan resume atau curriculum vitae (CV). Resume yang “kinclong” bisa jadi menarik perhatian para pemberi kerja untuk mengundang kita dalam sebuah interview. Apa saja yang perlu kita lakukan?

Perbaiki CV dan Bersiap Interview Kerja

1. Menulis ulang resume

Menulis resume atau CV bukanlah pekerjaan iseng. Tetapi, kita semua tahu, resume yang “berkilau” dapat menjadi alat yang kuat untuk meraih karier idaman. Sangatlah layak jika mengalokasikan beberapa jam untuk merevisi dan memperbaiki resume sebagai modal promosi atau mencari pekerjaan baru.

Pakar karier Nicole Williams menilai, pernyataan ringkasan tentang profil kita dalam resume dapat memberi highlight tersendiri. Cantumkan dua hingga tiga kalimat “penjual” yang merangkum pengalaman dengan target yang ingin kita capai di bagian atas resume.

“Cara ini dapat memberi insight bagi pembaca resume tentang keahlian dan pengalaman yang kita cantumkan, terutama ketika kita ingin mengubah karier,” kata Williams, seperti dilansir Shine, Sabtu (8/9/2012).

soal psikotes

Saran lainnya, kata Williams, adalah menggunakan kata kunci. Pemberi kerja biasanya mencari kata-kata tertentu seperti nama perusahaan, keahlian, dan pengalaman yang mereka butuhkan. Cara terbaik untuk menemukan kata kunci yang tepat adalah dengan melihat daftar pekerjaan untuk posisi yang kita minati, kemudian masukkan beberapa kata atau frase tersebut dalam deskripsi di resume.

4. Bersiap mengikuti wawancara kerja

Biasanya setelah anda lolos tes psikotes , maka anda akan mendapat panggilan interview kerja, persiapan menjadi sangat penting, sebab kita masih dalam kompetisi mencari kerja. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi wawancara kerja.

Pertanyaan kunci. Salah satu pertanyaan paling mudah sekaligus paling susah yang bisa mematahkan kesan pertama kita adalah “Bisakah Anda bercerita tentang diri sendiri?” Untuk menjawab pertanyaan ini, simpan jauh-jauh resume, dan pikirkan tentang apa yang ingin kita jual. Luangkan waktu untuk menulis jawabannya dalam satu paragraf, kemudian suntinglah menjadi hanya dua kalimat.

Dalam sebuah interview kerja, ada tiga pertanyaan yang biasa diajukan yakni, “Apakah kekuatan dan kelemahan Anda?”, “Deskripsikan tantangan yang harus Anda hadapi pada pekerjaan sebelumnya dan bagaimana Anda menanganinya?”, dan “Apa yang membedakan Anda dengan kandidat lainnya?”

Williams mengingatkan, interview kerja ibarat kencan pertama. Kita tentu ingin membuat pembicaraan yang menarik tentang pengalaman dan harapan yang ingin kita dapatkan dalam sebuah hubungan jangka panjang, bukan?(rfa)

source: http://kampus.okezone.com/read/2012/09/07/370/686693/perbaiki-cv-dan-bersiap-interview-kerja

4 thoughts on “Perbaiki CV dan Bersiap Interview Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>